my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

PROGRAM BEASISWA UNTUK GURU SMP

26.2.14
beasiswa guru SMP
PROGRAM BEASISWA UNTUK GURU SMP

Bagi rekan-rekan guru SMP yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang S2, saat ini telah di buka kesempatan Program Pemberian Beasiswa S-2 Bagi guru.

Program untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar pada Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bertujuan untuk menyediakan dana bantuan bagi guru sekolah menengah pertama (SMP) untuk meningkatkan kualifikasi lebih lanjut melalui pendidikan strata dua (S-2) pada program/sekolah pascasarjana perguruan tinggi Pemerintah yang diberi mandat.

Beasiswa S-2ini terdiri atas: biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penyelenggaraan program. Biaya mahasiswa diberikan langsung ke mahasiswa melalui mekanisme perjanjian kerjasama (MoU) antara Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Dikdas Kemdikbud dengan mahasiswa, sedangkan biaya pendidikan dan penyelenggaraan program dibayarkan kepada perguruan tinggi penyelenggara yang ditunjuk melalui mekanisme perjanjian kerjasama (MoU) antara Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Dikdas Kemdikbud dengan perguruan tinggi penyelenggara yang bersangkutan

Kriteria Calon Peserta.

Seleksi administratif dilakukan oleh Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas Kemdikbud dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Bagi Guru Negeri, Berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas sebagai guru SMP. Bagi guru swasta, berstatus sebagai guru tetap yayasan (GTY) atau SK Kepsek/Dinas Pendidikan sebagai guru honor di sekolah negeri.
b. Berusia maksimum 48 tahun yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
c. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang sekarang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan IPK minimal 2,50 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
d. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun mengajar yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk Guru yang bertugas di daerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
e. Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program beasiswa jenjang strata dua (S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
f. Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan), dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan.
Untuk menjaring calon mahasiswa/peserta yang memiliki kemampuan terbaik, maka Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas akan menetapkan jumlah calon mahasiswa lebih dari kuota yang ditetapkan untuk setiap program studi. Kuota untuk guru swasta maksimal 10%.

Program studi yang dibuka

Adapun program studi S2 bagi guru SMP yang dibuka adalah sebagai berikut:
a. Program Studi Matematika,
b. Program Studi IPS,
c. Program Studi IPA,
d. Program Studi Bahasa Indonesia,
e. Program Studi Bahasa Inggris.
Program studi dimaksud, dibuka di 4 (empat) LPTK mitra Direktorat P2TK Dikdas - Ditjen Dikdas - Kemdikbud, dengan kuota dan prodi yang dibuka di masing-masing LPTK akan diatur lebih lanjut. Adapun 4 LPTK dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)- Bandung.
2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) – D.I.Yogyakarta.
3. Universitas Negeri Malang (UM) – Malang.
4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) – Surabaya.

Pengiriman Berkas Proposal

Berkas pendaftaran proposal dikirim paling lambat minggu pertama bulan April 2014 (04 April 2014). Program Studi Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diperuntukkan bagi guru SMP yang relevan ditujukan ke:
Subdit PTK SMP
Dit. P2TK Dikdas – Ditjen Dikdas – Kemdikbud
Gedung C Lantai 18
Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta
Telepon: 021. 57851860, 70713870
Fax: 021.57851860
e-mail: subditptksmp@gmail.com

Untuk lebih jelasnya silakan download pedoman beasiswa guru SMP Tahun 2014 di sini

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer