my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Semoga Tetaplah Ikhlas Mengajar

28.8.13

Tulisan ini juga ada di blog saya yang lain yaitu kompasiana sebagai Tugas 2 diklat online di P4TKmatematika

Pertama kali saya mengajar sekitar sepuluh tahun yang lalu di salah satu SMA swasta di kab. Lahat. Sebagai sekolah swasta, siswa yang ada di sekolah itu sangat sedikit. Di awal tahun pelajaran kelas satunya hanya ada 5 orang. Kelas duanya ada 6 orang. Kadang kadang mengajarnya di gabungkan dalam satu ruangan. Sebagai alumni universitas yang masih fresh kenyataan ini cukup membuat saya miris. Sebab saya membayangkan akan mengajar di ruang kelas yang di penuhi siswa. Tapi kenyataan itu tidak membuat saya lemah. saya tetap mengajar dengan penuh semangat dan ikhlas. Saya menanamkan niat untuk mengajar dengan tulus. Agar anak didik saya tetap semangat belajar dan menimba ilmu.
Pada tahun 2004 saya di terima menjadi guru PNS di SMPN 1 Gunung Megang Kab. Muara Enim. Tapi jarak sekolah dengan tempat saya tinggal sekitar 77 KM. namun saya membulatkan tekad untuk mengajar di sekolah itu. Saya pun membeli motor untuk transportasi saya ke sekolah itu. Empat hari dalam satu pekan saya mengajar di sekolah itu. Awalnya memang cukup lelah perjalanan untuk sampai ke sekolah itu. Namun lama kelamaan lelah itu tidak terasa lagi jika saya sudah berkumpul bersama siswa saya di ruang kelas. Sebab siswa senantiasa menunjukkan semangat untuk belajar. Begitu pun rekan rekan guru yang lain. Banyak pelajaran dan masukan yang saya dapatkan dari guru guru senior yang menambah pengetahuan dan inspirasi saya dalam mengajar. Saya selalu berusaha aktif dalam semua kegiatan di sekolah.saya pun sempat di minta menjadi sekretaris MGMP Matematika SMP Kabupaten Muara Enim.
Setahun kemarin saya mutasi ke SMPN 8 Lahat. Jaraknya sekitar 7 km dari tempat saya tinggal. Namun hubungan bersama siswa dan guru di SMPN 1 Gunung Megang tetap terjalin sampai sekarang. Saya pun tetap berusaha semangat, tulus, ikhlas mengajar dan mengabdi untuk mengajar demi masa depan siswa dan negara ini.
ramlan effendi. nomor urut 96. angk.1

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer