my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

24.12.13
Langkah-Langkah Pembelajaran


Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran
a.   Apakah makna dari tiap langkah pendekatan ilmiah dalam konteks penerapannya dalam proses pembelajaran matematika?
b.   Apakah langkah-langkah tersebut dilaksanakan selangkah demi selangkah secara urut ataukah dapat dilaksanakan secara luwes ?
c.    sesuai muatan kompetensi dasar yang dipelajari siswa, metode pembelajaran yang dipilih guru dan kondisi siswa yang belajar?
d.   Apakah langkah-langkah pendekatan ilmiah (lima langkah) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika untuk semua kompetensi dasar matematika yang dipelajari siswa?
e.   Hal-hal apakah yang menjadi kunci keberhasilan penerapan langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran matematika di SMP/MTs?

MENGAMATI
a.   Mengamati fenomena lingkungan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik matematika tertentu
b.   Mengamati objek matematika yang abstrak

MENANYA
a.   Pertanyaan penuntun
b.   Memancing siswa bertanya
c.    Memfasilitasi terjadinya proses Penalaran

MENALAR
a.   Induktif
b.   Memuat proses anlalisis, mengolah, mengajukan dugaan, menyimpulkan

MENCOBA
a.   Penerapan dalam lingkup konsep matematika sesuai bahasan
b.   Penerapan dalam kehidupan sehari-hari

MEMBENTUK JEJARING
a.   Melalui penugasan kelompok
b.   Penerapan model model pembelajaran yang relevan

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer