Langkah-Langkah
Pembelajaran
Proses
pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Hasil belajar melahirkan peserta didik yang
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap,
keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran
a.
Apakah makna dari
tiap langkah pendekatan ilmiah dalam konteks penerapannya dalam proses
pembelajaran matematika?
b.
Apakah
langkah-langkah tersebut dilaksanakan selangkah demi selangkah secara urut
ataukah dapat dilaksanakan secara luwes ?
c.
sesuai muatan
kompetensi dasar yang dipelajari siswa, metode pembelajaran yang dipilih guru
dan kondisi siswa yang belajar?
d.
Apakah
langkah-langkah pendekatan ilmiah (lima langkah) dapat diterapkan dalam proses
pembelajaran matematika untuk semua kompetensi dasar matematika yang dipelajari
siswa?
e.
Hal-hal apakah
yang menjadi kunci keberhasilan penerapan langkah-langkah pendekatan ilmiah
dalam proses pembelajaran matematika di SMP/MTs?
MENGAMATI
a. Mengamati
fenomena lingkungan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik matematika
tertentu
b. Mengamati
objek matematika yang abstrak
MENANYA
a. Pertanyaan
penuntun
b. Memancing
siswa bertanya
c. Memfasilitasi
terjadinya proses Penalaran
MENALAR
a. Induktif
b. Memuat
proses anlalisis, mengolah, mengajukan dugaan, menyimpulkan
MENCOBA
a. Penerapan
dalam lingkup konsep matematika sesuai bahasan
b. Penerapan
dalam kehidupan sehari-hari
MEMBENTUK JEJARING
a. Melalui
penugasan kelompok
b. Penerapan
model model pembelajaran yang relevan