my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

MEMANFAATKAN TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

10.2.14
Media merupakan sarana atau alat komunikasi sekaligus merupakan sumber informasi. Disebut alat komunikasi karena istilah media merujuk pada segala sesuatu yang membawa atau mengantar pesan dari sumber kepada penerima. Sedangkan media dikatakan sumber informasi karena isi pesan yang terkandung di dalam sarana tersebut. Beberapa contoh antara lain gambar atau foto, televisi, video, diagram, barang-barang cetakan, program komputer, atau radio.
Contoh-contoh tersebut dapat menjadi media pembelajaran ketika benda-benda itu mengandung pesan untuk tujuan pembelajaran. Jadi media pembelajaran adalah benda-benda yang berisi pesan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu Tangram. 


Tangram merupakan alat peraga yang terdiri dari 7 potongan.

 Dalam Kurikulum 2013 Tangram dan variasinya dapat dimanfatkan pada pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai berikut.

Kelas VII       
Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang     3.6. Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran

Kelas VIII
Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring    3.6. Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan

Kelas IX
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan


Selain hal di atas tangram juga dapat dimanfaatkan untuk rekreasi matematika


Bangun-bangun geometri yang terbentuk dari potongan tangram yaitu: segitiga, jajar genjang, dan persegi adalah bangun-bangun dasar dalam pelajaran geometri. Keistimewaan tangram ini adalah bahwa ketujuh bangun tersebut dapat di bentuk menjadi bangun-bangun geometri lain yang sifatnya imajinatif, misalnya bentuk-bentuk berikut ini



B. Pembuatan Tangram
1. Bahan
a. Kertas karton (stopmap bekas)

2. Alat:
a. Garisan
b. Gunting/silet


3. Cara Membuat Media
Untuk guru:
a. Ambil dua stopmap berbeda warna.
b. Gambar 1 persegi dengan ukuran 15 x 15 cm pada masing-masing stopmap.
c. Bagi atas beberapa bagian seperti pada gambar.
d. Potong menurut sisi dan segmen yang ada.

Untuk Peserta didik
a. Ambil dua stopmap berbeda warna.
b. Gambar 1 persegi dengan ukuran 7 x 7 cm pada masing-masing stopmap.
c. Bagi atas beberapa bagian seperti pada gambar.
d. Potong menurut sisi dan segmen yang ada.


4. Cara Menggunakan
Tangram digunakan untuk berlatih masalah:
  1. Membuat bangun persegi menggunakan tangram.
  2. Sebagai konteks dalam eksplorasi bangun-bangun geometri meliputi luas, sudut, simetri, kongruensi, refleksi, dan sebagainya.
  3. Sebagai konteks latihan untuk mentrampilkan penerapan teorema pyhtagoras dengan menyelidiki panjang dari masing-masing bangun yang terbentuk.
  4. Sebagai bahan memahami hukum kekekalan luas sebagai dasar untuk penurunan rumus berbagai bangun datar seperti segitiga, trapesium, jajar genjang dan layang-layang serta menggunakannya dalam pemecahan
  5. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
  6. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
  7. Guru meminta siswa untuk dengan menerapkan teorema Pythagoras.
  8. Mengembangkan kreatifitas dengan cara membentuk bangun geometris yang menyerupai suatu objek di sekitar.







0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer