my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Media GeoGebra di Internet

9.3.14
Media GeoGebra
Media GeoGebra
Salah satu aplikasi yang penting dan dapat digunakandalam pembelajaran matematika di sekolah adalah GeoGebra.
GeoGebra merupakan apliakasi open-source yang memungkinkan kolaborasi banyak orang secara luas dan terbuka baik dalam mengembagkan aplikasi GeoGebra itu sendiri maupun produk-produk media yang dibuat dengan memanfaatkan GeoGebra. Karena sifatnya opensource maka produk-produk tersebut biasanya tersedia gratis dan dapat diperoleh secara luas.

Untuk media yang dibuat dengan GeoGebra salah satu situs web yang dapat dipakai sebagai sumber untuk mengunduh maupun memublikasi adalah situs geogebratube.org.

GeoGebra ini memiliki ekstensi GGB. Salah satu situs web yang memuat media GeoGebra adalah GeogebraTube.org. Langkah pencarian media GeoGebra di GeogebraTube adalah sebagai berikut.
a. Buka situs GeoGebraTube yang beralamat di geogebratube.org.
b. Lakukan pencarian dengan menuliskan kata kunci terkait dengan tema dimaksud pada kolom pencarian. Sebaiknya gunakan kata kunci yang berbahasa Inggris mengingat jumlah konten yang berbahasa Indonesia masih sedikit. Sebagai contoh jika kita ingin mencari media mengenai luas lingkaran maka sebaiknya gunakan kata kunci ‘area of circle’.

Apabila Anda kesulitan dalam menerjemahkan kata atau kalimat bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, Anda dapat menggunakan perangkat bantu penerjemah online semisal Google Translate (translate.google.com).

Mengunduh Media GeoGebra dari Internet
Selain menampilkan secara online, media GeoGebra ini juga dapat diunduh sehingga dapat ditampilkan secara lokal tanpa harus terkoneksi internet. File yang diunduh memiliki ekstensi .ggb dan nantinya dapat dijalankan menggunakan aplikasi GeoGebra yang sebelumnya harus sudah diinstal di komputer.
Cara mengunduh file .ggb dari GeoGebraTube adalah klik pada bagian Download. Jika ada konfirmasi untuk pengunduhan, pilih pada bagian Save File lalu klik OK. Setelah itu kita tentukan tempat atau folder dimana file tersebut akan disimpan. Klik tombol Save untuk menyimpan.

Setelah proses pengunduhan file selesai maka kita sudah memiliki file .ggb di komputer kita. File ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi internet. Caranya adalah dengan membuka aplikasi GeoGebra. Pilih menu File-Open kemudian pilih file .ggb dimaksud.

Setelah di-download, media GeoGebra ini sudah dapat dijalankan secara dinamis dan tanpa harus ada koneksi internet. Kita dapat menjalankan file GGB ini seperti adanya atau, jika diperlukan, dapat kita sunting sesuai dengan kebutuhan.

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer