Dalam melakukan evaluasi dan penilaian belajar siswa, guru membuat soal-soal tes. dalam kegiatan pembelajaran guru harus dapat membimbing siswa untuk menemukan sendiri syarat, sifat ataupun kaidah dari materi yang diajarkan. Berikut ini contoh permasalahan/pertanyaan yang dapat digunakan guru dalam membimbing siswa untuk memahami materi kesebangunan di kelas IX.
|
Gambar Utama |
Guru matematika kelas IX sedang melakukan proses pembelajaran kesebangunan dua bangun segiempat. Dia telah mendiskusikan bahwa syarat kesebangunan dua segitiga cukup melihat bahwa sudut-sudut yang bersesuaiannya adalah sama. Sedangkan syarat kesebangunan untuk dua bangun segiempat bukan hanya ukuran sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama, tetapi perlu syarat tambahan yaitu perbandingan panjang sisi-sisi yang bersesuaian adalah sama. Untuk mengecek apakah siswa dapat memahami mengapa kesebangunan dua buah segiempat perlu syarat tambahan itu, guru itu dapat mengajukan suatu pertanyaan (permasalahan) sehingga syarat tambahan itu diperlukan. Tuliskan pertanyaan (permasalahan) yang paling tepat untuk mengetahui diperlukan persyaratan tambahan itu.
Jawaban.
|
Gambar Pembanding 1 |
Permasalahan yang dapat diajukan misalnya dengan memberikan satu (1) gambar dan dibandingkan dengan beberapa gambar yang sama dengan ukuran yang berbeda-beda. Selanjutnya diberikan pertanyaan Gambar yang manakah yang paling sesuai dengan gambar yang pertama?
|
Gambar Pembanding 1 |
|
Gambar Pembanding 2 |
|
Gambar Pembanding3 |
Dari ketiga gambar diatas, diberikan pertanyaan kepada
siswa gambar manakah yang tetap sesuai dengan gambar utama. (jawabannya adalah
gambar 3). Selanjutnya, meminta kepada siswa untuk panjang gambar utama dengan
panjang gambar pembanding. Serta
lebar gambar utama dengan lebar gambar pembanding. Sehingga akan diperoleh
perbandingan gambar utama dan gambar 3 perbandingannya sama. Angka yang sama
itu meripakan skala. Sehingga akan ddiperoleh
kesimpulan bahwa salah satu syarat kesebangunan adalah perbandingan panjang sisi-sisi yang
bersesuaian adalah sama.
bagus materinya Pak... Siswa aka lebih paham kalau seperti itu... mampir ke blog saya juga Pak: Rumah IPA SD Salam Pendidikan dari Kota Sungai Penuh
BalasHapus