Pada
masa dua tiga tahun ini berkembang
istilah baru di dunia kependidikaan dan pelatihan yaitu pembelajaran
e-learning dan e-training. Pembelajaran e-learning merupakan salah satu
terobosan dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan keberadaan teknologi, terutama
komputer dan internet.
Kegiatan e-learning termasuk dalam model pembelajaran individual.
Menurut Loftus (2001) dalam Siahaan (2004) kegiatan e-learning lebih bersifat
demokratis dibandingkan dengan kegiatan belajar pada pendidikan konvensional,
karena peserta memiliki kebebasan dan tidak merasa khawatir atau ragu-ragu
maupun takut, baik untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan
pendapat/tanggapan karena tidak ada peserta belajar lainnya yang secara fisik
langsung mengamati dan kemungkinan akan memberikan komentar, meremehkan, atau
mencemoohkan pertanyaan maupun pernyataannya. Peserta e-learning haruslah
mempunyai motivasi belajar mandiri yang tinggi dan memiliki komitmen untuk
belajar secara bersungguh-sungguh karena tanggung jawab belajar sepenuhnya
berada pada diri peserta belajar itu sendiri dan senang belajar dan melakukan kajian-kajian,
gemar membaca demi pengembangan diri terus menerus, dan yang menyenangi
kebebasan. Salah satu pengembangan
e-learning adalah Pendidikan dan Pelatihan secara online (Diklat online).
Pengalaman
Mengikuti E-Learning Diklat Online
Setahun
yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melemparkan wacana tentang akan
dilakukan perubahan terhadap kurikulum pendidikan yang dipakai. Jika selama ini
guru menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), maka pemerintah
berencana mengubahnya dengan kurikulum 2013. Kurikulum ini berlaku sejak 15
juli 2013 di beberapa sekolah yang ditunjuk, dan akan berlaku nasional pada
tahun pelajaran 2014/2015 yang akan datang.
Salah Satu Diklat |
Beruntunglah
penulis senantiasa berusaha mencari ilmu
untuk menambah wawaasan penulis. Ketika penulis sedang berselancar didunia maya
(internet), salah satu situs yang berhubungan dengan dunia pendidikan yakni
situs P4Tkmatematika melakukan rekruitmen
terbuka diklat online PPPPTK MATEMATIKA tahun 2013.
Pada awal Juni 2013 yang lalu Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (P4TKMatematika) melalui websitenya http://p4tkmatematika.org membuka pendaftaran bagi 300 peserta Diklat Online dengan pola 60 jam pelajaran selama 15 hari yang di selenggarakan Pada tanggal 2-16 September 2013. Setelah melengkapi persyaratan penulis akhirnya lolos sebagai satu dari 300 peserta Diklat Online PPPPTK Matematika. Sesuai jadwal, diklat Online dilaksanakan pada tanggal 2-16 September 2013. Dengan materi Pengenalan Sistem Etraining, Internet, Geogebra, Karya Tulis Ilmiah (Teori), Kurikulum 2013, Pengenalan Office, Alat Peraga Matematika, Matematika Rekreasi, Karya Tulis Ilmiah (Praktek), Refleksi dan Program Tindak Lanjut.
Semua kegiatan diklat diatas dilaksanakan secara
full online. P4tkmatematika membuka portal khusus untuk Diklat Online yaitu di http://etraining.p4tkmatematika.org.
Situs ini hanya bisa diakses selama kegiatan diklat berlangsung. Penjelasan dan pendalaman materi diberikan secara online lewat portal tersebut. Materi dapat berupa modul buku pdf, power point, ataupun video pemaparan materi dari fasilitator yang semuanya dapat di unggah lewat portal tersebut. Bagaimana dengan diskusi yang sering terjadi pada diklat ? Pada Diklat Online ini diskusi pun tetap dilakukan antara peserta dengan fasilitator ataupun antar peserta membahas berbagai kesulitan yang dialami peserta dalam memahami modul diklat ataupun tugas yang dibuat. Diskusi dilakukan secara online tertulis dengan bermacam-macam topik yang berkaitan dengan materi yang disajikan. Panitia pun memberikan akses chat bagi peserta untuk berdiskusi secara online bersamaan.
Situs ini hanya bisa diakses selama kegiatan diklat berlangsung. Penjelasan dan pendalaman materi diberikan secara online lewat portal tersebut. Materi dapat berupa modul buku pdf, power point, ataupun video pemaparan materi dari fasilitator yang semuanya dapat di unggah lewat portal tersebut. Bagaimana dengan diskusi yang sering terjadi pada diklat ? Pada Diklat Online ini diskusi pun tetap dilakukan antara peserta dengan fasilitator ataupun antar peserta membahas berbagai kesulitan yang dialami peserta dalam memahami modul diklat ataupun tugas yang dibuat. Diskusi dilakukan secara online tertulis dengan bermacam-macam topik yang berkaitan dengan materi yang disajikan. Panitia pun memberikan akses chat bagi peserta untuk berdiskusi secara online bersamaan.
Selain mengikuti materi dan berdiskusi peserta Diklat Online
juga di wajibkan mengikuti pretes, mengumpulkan tugas, dan postes. Tugas yang
diselesaikan peserta berbentuk hasil kerja sesuai materi yang diterima. Tugas
yang telah diselesaikan oleh peserta berupa dokumen hasil kegiatan atau pun
aplikasi di unggah melalui portal yang ada.
Sertifikat Diklat Online |
Kesimpulan
Itulah sekelumit pengalaman penulis pertama kali menjadi
peserta E-Learning Diklat Online. Banyak hal-hal baru yang penulis dapatkan. Dengan
mengikuti Diklat
Online
banyak manfaat dan kelebihan Diklat
Online
dibandinkan dengan Diklat Tatap Muka yang penulis rasakan. Sebagai seorang guru
Keunggulan Diklat
Online
yang penulis rasakan antara lain :
1.
Penjaringan Peserta dapat menjangkau
seluruh pelosok Indonesia dengan jumlah yang sangat banyak.
2.
Biaya yang digunakan lebih kecil
sehingga meningkatkan efisiensi anggaran.
3.
Materi yang diberikan lebih mengena dan
dapat langsung dipraktekan karena setiap ada materi selalu diikuti tugas yang
harus dicoba untuk dikerjakan.
4.
Pemanfaatan Teknologi Informasi membuat
diklat terasa variatif, tidak membosankan.
5.
Dan yang paling penting, mengikuti Diklat Online
tidak harus meninggalakan tugas pokok, baik tugas pokok di tempat bekerja
maupun di rumah.
Pembelajaran e-learning dan e-training yang diterapkan pada
diklat online merupakan salah satu terobosan dalam dunia pendidikan yang
memanfaatkan keberadaan teknologi, terutama komputer dan internet. Alangkah
baiknya jika terobosan ini dapat dilakukan di semua lini
pendidikan terutama bagi guru, karena guru tersebar diseluruh wilayah Indonesia.Fleksibilitas, itulah salah satu keunggulan utama. Memang dengan
pembelajaran E-Learning kita dapat belajar, kapanpun dan dimanapun.
(
Ramlan Effendi, SMPN 8 Lahat)