my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Ayo IKUT OSN 2014

20.2.14

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus untuk menuntaskan wajib belajar yang bermutu. OSN yang dimulai sejak tahun 2003, merupakan ajang untuk mencari peserta didik berprestasi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu untuk mewadahi potensi peserta didik di bidang ilmu-ilmu sosial, maka mulai tahun 2010 dilombakan juga bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dalam kerangka itulah maka kegitan OSN diselenggarakan, selain untuk meningkatkan perstasi di bidang IPA, Matematika, IPS, OSN juga di fungsikan sebagai feeder untuk lomba – lomba Internasional. Peraih medali bidang fisika dan Biologi, berkesempatan menjadi calon peserta IJSO, sedangkan peraih medali bidang Matematika berkesemptan menjadi calon peserta Olimpiade Matematika Internasional.
Pada tahun 2013 Indonesia pertama kali mengikutsertakan pemenang OSN bidang IPS pada National Geographic World Championship (NGWC) di Rusia. Kegiatan NGWC diadakan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun yang sama Indonesia berpartisipasi pada International Astronomical Olympiad (IAO) di Lithuania.

Tujuan umum OSN adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA (Biologi, Fisika), dan IPS. OSN juga bertujuan untuk menyeleksi peserta didik SMP terbaik tingkat nasional untuk diikutsertakan pada ajang kompetisi internasional.

Bidang yang Dilombakan pada OSN 2014 adalah
1. Matematika
2. Biologi
3. Fisika
4. IPS

Persyaratan Peserta
Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP tahun 2014 terbuka untuk peserta didik yang memenuhi syarat sebagai berikut.
1. Berkewarganegaraan Indonesia.
2. Peserta didik SMP kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten/kota. Saat mengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional masih berstatus sebagai peserta didik SMP, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
3. Memiliki nilai rapor serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
4. Berkelakukan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah.
6. Hanya mengikuti satu bidang lomba.
7. Tidak pernah mengikuti lomba tingkat internasional dalam bidang yang sama dan dibiayai Kemdikbud.

DASAR-DASAR MATEMATIKA
Fungsi polinom, eksponensial, logaritmik, rasional, linier
Invers fungsi, geometri ruang, trigonometri
Vektor, matriks, geometri irisan kerucut
Angka penting
Teori probabilitas, fungsi distribusi probabilitas, statistika deskriptif, Teori kesalahan, Regresi linier, interpolasi, ekstrapolasi

Untuk lebih lengkapnya silakan unduh panduan OSN 2014 di sini

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer