my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Memanfaatkan Office Untuk Penulisan Karya Ilmiah

15.3.14
Memanfaatkan Office Untuk Penulisan Karya Ilmiah
Sebagian kita atau mungkin semua tentu sudah akarab menggunakan Ms Word dan Power Point. Namun kebanyakan  masih sebatas mengetik dan memformat naskah saja misalnya untuk menulis surat, laporan, dan sebagainya. Tetapi ketika diminta untuk membuat naskah karya tulis ilmiah atau dicetak dalam bentuk buku yang mempunyai aturan-aturan yang baku, belum banyak yang memanfaatkan secara optimal fitur-fitur yang telah disediakan oleh Ms Word dan power point.

Pada diklat online p4tkmatematika angkatan 1 tahun 2013 peserta diklat memperoleh pencerahan yang sangat bermanfaat terkait pemanfaatan office untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan pemanfaatan power point untuk pembelajaran matematika

Beberapa fitur office yang dipelajari dan cukup membantu dalam pengetikan karya ilmiah antara lain:
Page Break Atau Section Break
Page Break digunakan untuk menandai akhir dari suatu halaman sehingga teks berikutnya merupakan awal halaman berkutnya. Shortcut untuk membuat Page Break adalah Ctrl+Enter. Pengguna Ms Word yang tidak tahu fitur ini biasanya akan memberikan beberapa Enter sampai kursor berpindah ke halaman awal. Pengaruhnya adalah jika terjadi penambahan baris teks maka baris pertama halaman berikutnya akan berisi baris kosong.

Membuat Daftar Isi Secara otomatis.
Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk membuat daftar isi, baik itu secara manual maupun otomatis. Kalau secara manual, Microsoft Word hanya menyediakan formatnya dan Anda harus mengisi daftar judul dan halaman berapa judul itu terletak. Untuk membuatnya tempatkan kursor pada halaman di mana daftar isi ingin ditempatkan, kemudian buka tab References dan pada kelompok Table of Contents klik Table of Contents dan pilih Manual Table maka akan diberikan format daftar isi dan Anda dapat mengubah isi maupun formatnya. Untuk membuat daftar isi secara otamatis, sebelum
membangkitkan daftar isinya dengan memilih Automatic Table, tandai lebih dahulu judul-judul yang akan dijadikan daftar isi dengan style Heading. Pilih Heading 1, Heading 2 atau Heading 3 tergantung pada tingkat kedalaman daftar isi. Style Heading ini memang disediakan khusus untuk membuat daftar isi. Setelah semua judul-judul dalam naskah telah ditandai dengan style heading, maka tempatkan kursor pada halaman untuk daftar isi dan buka tab References. Pada kelompok Table of Contents klik Table of Contents dan pilih Automatics Table. Daftar isi akan secara otomatis dibuatkan lengkap dengan judul dan pada halaman berapa judul tersebut berada.

Sitasi dan Daftar Pustaka
Sitasi (citation) dan daftar pustaka (bibliography) dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) harus selalu ada. Microsoft Word menyediakan fitur yang akan memudahkan Anda dalam menuliskan sitasi dan daftar pustaka dengan otomatis sehingga Anda tidak perlu menuliskan pustaka yang digunakan sebagai referensi secara manual. Ms Word juga menyediakan beberapa gaya (style) penulisan sumber kutipan dan daftar pustaka, salah satunya adalah style APA ) dan Anda dapat memilih style APA fifth Edition pada pilihan kelompok Citation & Bibliography pada menu tab References.

Kaidah Penulisan Ekspresi Matematika
Ms Word selain digunakan untuk penulisan naskah yang umum juga dapat digunakan untuk menulis naskah matematika. Yang dimaksud dengan naskah matematika adalah naskah atau bahan ajar/makalah yang sering membutuhkan simbol-simbol matematika yang tidak terdapat di keyboard seperti α, Δ, ∠, Σ, tanda kali (×), derajat (°). Fasilitas ini sering juga untuk menulis rumus atau persamaan matematika yang tidak akan dapat dilakukan kecuali menggunakan fitur equation.

Menggunakan Fitur Math AutoCorrect
Fitur Math AutoCorrect memberikan cara mudah untuk menuliskan simbol-simbol matematika, tanpa harus menggunakan menu Insert Symbol. Namun Anda harus mengaktifkannya lebih dahulu agar fitur ini dapat berfungsi di luar Equation.

Materi Fitur-fitur office tadi sangat membantu dalam penulisan KTI. Manfaat fitur di atas terasa saat kami praktik membuat penulisan KTI di akhir materi office yang diberikan. Terasa sekali pencerahan yang diberikan dari diklat online ini. Dulu dalam membuat karya tulis ilmiah saya selalu membuat penulisan secara manual dan cukup menyita waktu dan masih sering terjadi kesalahan. Sekarang setelah mengikuti diklat online p4tkmatematika penulisan KTI lebih mudah dan menyenangkan.

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer