my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Layang layang

14.4.13
SK: Memahami konsep segitiga dan segi empat serta menentukan ukurannya.
KD:Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
I:Menghitung luas layang-layang.
D.  Tujuan pembelajaran
a.    Siswa dapat menurunkan rumus luas layang-layang dari luaspersegi panjang.
b.    Siswa dapat menghitung luas layang-layang serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
E.  Materi pembelajaran
Bangun Datar : Luas Layang-Layang
Luas layang-layang dapat ditunjukkan dengan menghubungkannya dengan luas persegi panjang.
Luas layang-layang dapat ditentukan dengan rumus :
     L=         d1x d2
                       2
Keterangan :
L= Luas layang-layang
d1= diagonal  1
d2 = diagonal 2
F.  Strategi Pembelajaran
Metode     : Tanya Jawab, Diskusi, Pemberian Tugas
Model        : Kooperatif
Media        : Alat Peraga Luas Layang-Layang
  LKS layang-layang
G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
1.    Mengingatkan kembali tentang layang-layang terbentuk dua segitiga sama kaki yang panjang alasnya sama dan berimpit.
2.    Mengingatkan kembali sifat-sifat layang-layang.
3.    Mengingatkan kembali tentang rumus luas persegi panjang ;    L= ρ x ℓ.
4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan inti
Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan bahwa rumus luas layang-layang dapat diturunkan dari rumus persegi panjang.
2.    Peserta didik secara berkelompok membahas  bahwa luas layang-layang dapat diturunkan dari liuas  persegi panjang menggunakan alat peraga sesuai petunjuk LKS Luas layang-layang.
3.    Dengan menggunakan LKS, siswa secara berkelompok menuliskan rumus layang-layang dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.    Siswa menampilkan hasil pekerjaannya.
Eksplorasi
1.    Peserta didik mengerjakan soal latihan,
2.    Salah satu peserta didik menjawab soal di papan tulis.
3.    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.    Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.    Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar

Konfirmasi
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Penutup
1.    Peserta didik diarahkan membuat rangkuman.
2.    Peserta didik diberikan PR.
H.  Sumber Pembelajaran
a.    Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya SMP Kelas 7 Karangan Dewi Nuharini.
b.    Lks
c.    Buku Lain Yang Relevan
I.  PENILAIAN
1.    Teknik            : Tertulis
2.    bentuk instrumen    : uraian
J.  Soal
     Hitunglah luas layang-layang ABCD disamping jika diketahui
 Panjang AC  14 cm dan panjang BD  8 cm.
K.  Kunci jawaban
Jawaban    Skor
Diketahui d1 = 14 cm dan
d2 = 8 cm    1
1
Ditanya  Luas layang-layang    1
L =  d1 x d2
    2    2
L =  14 X 8
      2    2
L = 56 cm2    2
               Jumlah Skor  =  9

Lembar Kerja Siswa
KEGIATAN 1
1.    Gambar dua buah layang-layang  yang kongruen dengan alas dan tinggi sebarang
2.    Hitung jumlah petak pada diagonal layang-layang A tersebut !
Layang layang A    LAYANG-;AYANG B
           
3.    Diagonal 1 = ….. satuan
4.    Diagonal 2 =……satuan
KEGIATAN 2
5.    Potong layang-layang A menurut kedua garis diagonal!
KEGIATAN 3
6.    Gabungkan potongan tersebut ke layang-layang B sehingga terbentuk persegi panjang !
7.    Dua bangun layang-layang kongruen sudah berubah menjadi satu ……………………..
8.    . Diagonal “A” layang-layang menjadi sisi …………. persegi panjang
9.    diagonal “B” layang-layang menjadi sisi ……………. persegi panjang
10.    Karena rumus Luas persegi panjang = …………, maka :
11.    Rumus  Luas dua layang-layang adalah = …………….. X ……………
12.    Jadi, Luas satu layang-layang adalah = ….. X ……………………………
KEGIATAN 4
Dengan menggunakan rumus layang-layang yang telah kalian dapatkan, selesaikanlah soal berikut ini.     Jika panjang BD=  9 cm dan panjang AC= 12 cm.
hitunglah luas layang-layang disamping!
Jawaban
BD= d1 =……..
AC = d2=……
Maka luas layang-layang
L = ½  x d1 x d2
L = ½ x ….. x ……
L = ……..

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer