my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

soal kependidikan

4.5.13
CONTOH SOAL TESGURU BERPRESTASI
 1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali …..
a.     ICT Sebagai Substansi Pendidikan
b.     Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan
c.     Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan
d.     Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan
e.     Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa E
2.     Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan….
a.    Teleconverence                            c.  Website                        e.  Browsing
b.    Email                                               d.  Chatting
3.  Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
b.      Eksplorasi                           
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..
b.      Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ….
e.    1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
6.   Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
c.  Strategi pembelajaran   

7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
e.  Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8.  Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
b.    fakta, konsep, prinsip, definisi,
9.  Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a.    kompetensi dasar             
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1.    potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2.    tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3.    kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4.    kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5.    relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6.    dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara 2.3. lain nomor….
a.    1, 2, 3, 4            b. 2, 3, 5, 6       c.  1, 2, 3, 5          d. 1, 2, 4, 5       e.  3, 4, 5, 6
11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
c.    mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
d.    diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
e.    Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
c.      mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
b.      Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
      e.  tes performance
17. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

c.      mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
18.  Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a.      substansi, konstruksi,
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
d.      Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
20.  Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a.      Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
21. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek…
d.  kognitif, psikomotor, afektif
22.  Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
d.      guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
b.      memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
e.      sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
b.      Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
27. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
b.    SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
28. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran                 
29. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
b.    Kompetensi Dasar                             
30.  Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..
e.      Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
c.      Menerapkan dan Mengevaluasi
32. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
d.      Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
33.  Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir….
b.      Memproses (processing):
34. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.      Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
c.      Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
e.  Berpusat pada potensi, perkembangan,kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
37. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
b.        Relevan dengan kebutuhan kehidupan
38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini,
a.        Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b.        Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c.        Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
e.        Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan..
a.        Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut,
a.        Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.        Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning).
c.        Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
e.        Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
c.Kompetensi Pardagogik   
42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah …..C. Melakukan kegiatan pre test
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa. Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah …….
a.     Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b.    Nilai rapor kelas sebelumnya.
c.     Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d.     Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e.     Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah….
a.        Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b.        Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
c.        Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d.        Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
e.        Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1.    Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.    Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3.    Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4.    Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan….
a.     1 dan 2              c.  2 dan 3              e.  4 dan 2
b.     1 dan 3              d.  3 dan 4
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ….
a.      Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b.      Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c.      Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d.      Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e.      Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
48.Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :
a.      Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b.      Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c.      Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d.      Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
e.      Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
49.Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru  untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a.      siklus belajar               c. pembelajaran konsep      e. pemrosesan informasi
b.      peta konsep                d. struktur kognitif
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?
a.      Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b.      Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c.      Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d.      Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e.      Menjelaskan suatu konsep secara detail.
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
d.      membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
b.      kompetensi dasar          
53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a.      Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b.      Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
c.      Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d.      Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
e.      Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.
54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a.      Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
b.      Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c.      Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d.      Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
e.      Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas
55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
e. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
          
56. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.      Behaviorisme             
57. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :
d. Konstruktivisme
58. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
d. Konstruktivisme
59. Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a.      Perilaku guru sebagai panutan digugu dan ditiru
60. Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
c.      Dasar pengembangan model pembelajaran
61. Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
a.      Perubahan perilaku                          c. Pemaknaan informasi baru
b.      Interaksi terus-menerus                              d. Perubahan pengetahuan
62. Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a.      Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.      Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar
c.      Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d.      Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya
63. Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a.      Ketrampilan                 c. Sastra
b.      Sains                          d. Ilmu sosial

64. Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif..
a.      Kepada murid dan sejawat                c. Dalam rapat guru maupun di kelas
b.      Kepada KS maupun orang lain           d. Komunikasi dalam penelitian
65. Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan …
a.      Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b.      Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c.      Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas
d.      Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a.      Kompetensi pedagogic                     c. Kompetensi kepribadian
b.      Kompetensi sosial                           d. Kompetensi professional
67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a.      Kompetensi sosial                           c. Kompetensi profesional
b.      Kompetensi kepribadian                             d. Kompetensi pedagogic
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a.      Kompetensi sosial dan pedagogic
b.      Kompetensi profesional dan pedagogic
c.      Kompetensi kepribadian dan profesional 12
d.      Kompetensi kepribadian dan social

69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a.      RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah
b.      Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
c.      RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d.      Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a.      Kompetensi profesional                              c. Kompetensi sosial
b.      Kompetensi kepribadian                             d. Kompetensi pedagogic
71. Paikem adalah pembelajaran yang :
a.      Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
b.      Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.      Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
d.      Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a.      Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b.      Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.      Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d.      Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a.      Brain storming                       c. Quickstioning
b.      Concept mapping                  d. Role playing
74. Problem sOlving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
a.      Individual thinking                  c. Critical thinking
b.      Direct thinking                       d. Personal thinking Pemilihan
75. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a.      Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan
b.      Teori yang dipahami guru
c.      Keinginan dan putusan bersama
d.      Tersedianya waktu dan dana yang ada
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a.      Kerja sama mencapai tujuan                       c. Saling interaksi
b.      Kemampuan kerja individu                          d. Saling tergantung tapi saling memberi
77. Memilih media, mempertimbangkan
a.      Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
b.      Kecanggihan media
c.      Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
d.      Kelengkapan dan kualitas media
78. Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a.      Tuntutan kurikulum                c. Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
b.      Anjuran KS                            d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
79. Penggunaan Media efektif bila
a.      Dapat membantu guru mempercepat materi
b.      Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.      Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
d.      Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target

80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a.      Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar     c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
b.      Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai     d. Sesuai dengan materi yang disajikan
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
a.      Kesesuaian                  c. Ketersediaan
b.      Tingkat kesulitan          d. Kualitas teknis

82. Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a.      Kesesuaian                  c. ketersediaan
b.      tingkat kesulitan                    d. kualitas teknis
83. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a.      kemampuan siswa memahami materi           c. keaktifan siswa menulis karangan
b.      keaktifan siswa belajar di kelas                  d. ketrampilan siswa menulis paparan/cerita
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a.      kemampuan memahami materi                  c. kerajinan dan kreatifitas siswa
b.      siswa mengerjakan tugas                            d. hasil belajar siswa secara keseluruhan
85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a.      Berhitung (matematika)                    c. Melakukan percobaan
b.      Memecahkan masalah                      d. Membuat karya tulis
86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut
1.    Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2.    Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3.    Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya
4.    Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a.      1, 2, 3                        c. 2 dan 4
b.      1 dan 2                      d. 1, 2, 3 dan 4
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah ……………
a.      mempresentasikan hasil diskusi                   c. membuat model
b.      membuat karya tulis                        d. kerjasama dengan kelompok.
88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a.      kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b.      kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
c.      Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d.      Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya.
89. Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
a.      proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b.      proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c.      melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran
d.      proses penilaian tkt kecerdasan siswa.
90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a.      disajikan dalam bentuk artikel atau makalah   c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset
b.      ditulis berdasarkan bukan hasil riset              d. berupa kajian teoritis
91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut………………
a.      Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b.      Refleksi – Perencanaan – Observasi – Pelaksanaan
c.      Observasi – Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d.      Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – RefleksI
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a.      PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b.      PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
c.      PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d.      KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e.      Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya…
a.      Nilai percakapan belum meningkat
b.      Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
c.      Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d.      Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.      Authentic material                  c. Authentic assessment
b.      Authentic learning                   d. Authentic data
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….
a.      membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remedial
b.      menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.      menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada  merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
d.      menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
96. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut …………………
a.      Standar Proses                                d. Standar Pengelolaan;
b.      Standar Kompetensi Lulusan              e. Standar Penilaian Pendidikan
c.      Standar Sarana Dan Prasarana
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.      Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik
b.      Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan  Dan
c.      Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.      Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.      Jawaban A, B dan C Benar
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah ……………….
a.      Fungsi dan tujuan pendidikan nasional                    d. Sasaran pendidikan nasional
b.      Fungsi pendidikan nasional                          e. Arah kebijakan pembangunan nasional
c.      Tujuan pendidikan nasional
99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ……………….
a.      Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.      Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.      Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d.      Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005 16
e.      Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
100. Memahami peserta didik secara mendalam
a.      Kompetensi Pedagogik      c. Kompetensi Professional       e.Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
101. Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan
a.      Kompetensi Pedagogik     c. Kompetensi Professional        e.Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                    d. Kompetensi Sosial
102. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
a.      Kompetensi Pedagogik      c. Kompetensi Professional        e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
103. Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
a.      Kompetensi Pedagogik     c. Kompetensi Professional        e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
104. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
a.  Kompetensi Pedagogik       c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Kewirausahaan
b.  Kompetensi Kepribadian     d. Kompetensi Sosial
105. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
a.      Kompetensi Pedagogik            c. Kompetensi Professional     e. Kompetensi Supervisi
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
106. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
a.      Kompetensi Pedagogik      c. Kompetensi Professional          e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
107. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
a.      Kompetensi Pedagogik            c. Kompetensi Professional    e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial
108. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
a.      Kompetensi Pedagogik            c. Kompetensi Professional    e. Kompetensi Manajeria
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial

109. Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
a.      Kompetensi Pedagogik            c. Kompetensi Professional    e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial

110. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk……..
a.      Kompetensi Pedagogik        c. Kompetensi Professional      e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial

112. Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah : meningkatkan proses belajar mengajar,
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali …….
a.  meningkatkan proses belajar mengajar              c. mencakup proses refleksi
b.  menggunakan rancangan yang bersifat siklus   d. menggunakan metodelogi terbaru

113. Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah …….
a.  komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu   c. penggumpulan data sederhana
b.  metodologi tepat                        d. laporan sederhana
114. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu …….
a.      perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
b.      perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
c.      perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
d.      evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
115. Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali …
a.      didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru    c. bertujuan memperbaiki
b.      kolaborasi dalam pelaksanaannya                d. dilaksanakan dalam satu siklus

116. Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ……
a.      reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
b.      menggunaka
c.      sederhana

117. Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali …..
a.      menganalisa masalah              c. mempersiapkan instrumen
b.      mempersiapkan fasilitas                   d. mempersiapkan skenario

118. Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
a.      merasakan masalah               c. perumusan masalah
b.      analisis masalah                     d. penerapan fokus

119. Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ……..
a.      penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
b.      perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
c.      perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
d.      pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.

120. Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah
a.      dimonitor, dicatat hasil akhirnya         c. direfleksi dan diamati kembali
b.      dievaluasi dan dianalisis                              d. diamati dan diperbaiki

121. Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk …….
a.      mengatasi masalah siswa                  c. berkembang secara profesional
b.      memperbaiki pembelajaran               d. berkolaborasi dengan guru lain

122. Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut dapat dikatagorikan sebagai langkah awal dalam ………
a.      perkembangan profesional                c. memperbaiki pembelajaran     
b.      melakukan PTK                               d. menerapkan manfaat PTK

123. Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali ………
a.      membantu guru memperbaiki pembelajaran            d. menambah rasa percaya diri
b.      memungkinkan guru berkembang secara profesional
c.      memungkinkan guru mengembangkan karir
124. Sekolah yang maju embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK), sekolah akan berpotensi untuk ……..
a.      meraih popularitas                           c. menerbitkan karya-karya penelitian
b.      menghasilkan siswa teladan               d. menghasilkan berbagai teknik pembelajaran

125. Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam hal ini
a.      Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
b.      Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
c.      Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
d.      Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya

126. Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ……
a.      Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
b.      Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
c.      Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
d.      Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri

127. Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada …….
a.      metodologi                 c. instrumen yang digunakan
b.      validitas                      d. reliabilitas hasil yang dicapai

128. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena …..
a.      sampel terbatas pada kelas yang diajar    c. metodologi sangat longgar
b.      masalah yang diteliti sangat spesifik    d. PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti

129. Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ……….
a.      adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
b.      birokrasi yang ketat
c.      dukungan dari semua personil sekolah
d.      ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa

130. Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ……
a.      Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
b.      Melakukan perubahan jadwal pelajaran
c.      Menetapkan masalah bagi kelasnya
d.      Meminta siswa mengikuti perintahnya

131. Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ……..
a.      Guru                 c. guru sebagai peneliti
b.      peneliti             d. guru bersama dosen
132. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ……
a.      mengungkapkan kebenaran               c. memperbaiki kinerja guru
b.      menjawab masalah guru                   d. mengumpulkan informasi
133. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan …….
a.      bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b.      longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c.      hasil observasi/kesan dari guru
d.      bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.
134. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ……
a.      keriasauan guru akan kinerjanya                  c. keinginan untuk membantu guru
b.      keriasauan pendidik akan mutu pendidikan     d. kepedulian peneliti akan kinerja guru

135. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal …………
a.      pelaku penelitian                    c. tempat penelitian
b.      tujuan penelitian                              d. asal masalah yang diteliti

136. Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali …
a.      PTK memang untuk guru
b.      guru paling akrap dengan suasana kelas
c.      masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
d.      guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.
137. Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ……..
a.      Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
b.      masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
c.      terjadi pertemuan setiap minggu
d.      dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya
138. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
a.      dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b.      kelas merupakan wilayah guru
c.      hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
d.      temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
139. Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ……..
a.      Peneliti dari dalam                            c. Subjek penelitian
b.      Praktisi yang membangun teori                    d. Pengajar dan peneliti
140. Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) karena ………
a.      PTK membantu guru berkembang secara profesional
b.      guru paling akrab dengan siswa
c.      kelas memang merupakan wilayah guru
d.      PTK merupakan bagian dari tugas profesional guru
141. Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ……..
a.      merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
b.      refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
c.      merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
d.      refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
142. Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ……..
a.      apa yang terjadi dikelas saya
b.      berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
c.      dengan siapa saya harus mendiskusikan Masalah ini
d.      apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja
143. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali …………
a.      tingkat keseriusan masalah                c. ada tidaknya mitra kolaborasi
b.      kemampuan guru untuk menangani    d. kompleks tidaknya masalah tersebut

144. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali …………….
a.      mengkaji teori yang relevan dengan masalah
b.      menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
c.      berdiskusi dengan teman sejawat
d.      mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut
145. Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ………..
a.      kondisi lingkungan sekolah                c. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
b.      jumlah siswa dalam elas                             d. sarana dan fasilitas yang tersedia
146. Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ….
a.      daftar hadir                           c. sarana dan fasilitas pendukung
b.      skenario tindakan                   d. cara menganalisis data
147. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali ………
a.      data yang dikumpulkan akan mubasir           c. guru yang bingung menafsirkan data
b.      data yang diperlukan tidak terjaring              d. guru tidak memerlukan data
148. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ……
a.      identifikasi masalah                c. merumuskan masalah
b.      analisis masalah                     d. merencanakan perbaikan
149. Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya …….
a.      guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
b.      penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
c.      guru harus memperhatikan kemampuan siswa
d.      perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
150. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
a.      guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
b.      metodologi yang diterapkan harus reliabel
c.      pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
d.      masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
151. Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam kajian ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ……
a.      memantau jalanya pembelajaran                 c. mengetahui kualitas respons siswa
b.      melakukan berbagai penyesuaian                 d. memantau pendapat pengamat
152. Idealnya, dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun, kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat
a.      memilih salah seorang siswa menjadi pengamat                 d. mewawancarai siswa
b.      meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya          setelah pelajaran selesai
c.      megumpulkan alat bantu rekaman
153. Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang berkaitan dengan …….
a.      fokus observasi                     c. ketrampilan mengobservasi
b.      perencanaan awal                  d. balikan (feedback)
154. Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan ……..
a.      perencanaan awal                  c. membangun kriteria
b.      okus observasi                      d. ketrampilan observasi
155. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi ………
a.      terbuka                                c. terstruktur
b.      terfokus                               d. sistematik
156. Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali …….
a.      jumlah siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
b.      Fokus pengamatan
c.      Konteks pembelajaran yang dikelola guru
d.      Kriteria yang digunakan dalam interprestasi
157. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali …….
a.      wawancara dengan orang tua            c. berbagai dokumen hasil belajar siswa
b.      catatan/laporan guru                        d. wawancara dengan siswa
158. Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk
a.      menyeleksi dan mengelompokkan data
b.      menyeleksi dan menafsirkan data
c.      memperoleh informasi tentang proses dan dampak perbaikan
d.      mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru
159. Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat- ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari
a.      mengumpulkan data                        c. melakukan refleksi
b.      menganalisis data                            d. merencanakan perbaikan
160.Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk ……………
a.      pedoman observasi                         c. program PTK secara utuh
b.      revisi rencana perbaikan                             d. pedoman analisis data
161. Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali
a.  pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa    c. banyak siswa yang belum membayar SPP
b.  perhatian siswa pada pelajaran kurang                d. hasil ulangan siswa rendah

162. Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ……
a.      peka terhadap situasi kelas               c. mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
b.      bertanya kepada teman sejawat                  d. bertanya kepada kepala sekolah

163. Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah …………………………
a.      mencari hakikat masalah                            c. merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
b.      menemukan akar penyebab masalah  d. menemukan cara pemecahan masalah
164. Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ……………..
a.      mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
b.      menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
c.      menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
d.      membaca berbagai teori belajar
165. Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
a.      apakah permaianan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMK Wanabakhti
b.      bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
c.      mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
d.      bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
166. Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
a.      Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
b.      Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
c.      Berdiskusi dengan para pakar
d.      Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama Untuk menjawab
pertanyaan nomor  167 s/d 170, bacalah terlebih dahulu kasusberikut ini.
Kasus Pembelajaran Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa inggris, jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru.
Ibu Ani sering kesal dan melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan.
Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar.
Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakankembali oleh bu Ani.
167. Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali …….
a.      strategi pembelajaran                     c. evaluasi hasil pembelajaran
b.      sumber dan media pembelajaran      d. motivasi belajar
168. Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali
a.      latihan berbicara tidak mendapat tekanan
b.      bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
c.      bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
d.      kemampuan berbicara siswa tidak dinilai

169. Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah …..
a.        bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
b.        apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
c.        bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
d.        apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?
170. Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
a.        guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
b.        guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
c.        guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
d.        guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
171. Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ……..
a.        meningkatkaan kualitas mengajar               c. meningkatkan mutu pendidikan
b.        membantu kenaikan pangkat                     d. membuat karya ilmiah
172. Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
a.        memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
b.        menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
c.        membuat setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
d.        Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
e.        Memahami materi ajar yang ada di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya

173. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ………
a.        Kompetensi Pedagogik          c. Kompetensi Professional     e. Kompetensi Manajerial
b.        Kompetensi Kepribadian        d. Kompetensi Sosial

a174. Seorang guru SMK gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ….
a.        Kompetensi Pedagogik                    c. Kompetensi Professional     e. Kompetensi Manajerial
b.        Kompetensi Kepribadian        d. Kompetensi Sosial

175. Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
a.        berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
b.        kemandirian dalam bertindak dan etos kerja guru
c.        Menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
d.        Memiliki perilaku positif terhadap anak didik E Bertindak sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa


  Materi             : Wawasan Kependidikan
1. Sebutkan 5 (lima) prinsip pengembangan silabus!
2. Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen pasal 20, disebutkan dalam melaksanakan tugas  
    keprofesionalan, guru mempunyai 5 kewajiban. Sebutkan!
3. Apabila guru yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah tidak menjalankan kewajiban
    akan dikenai sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. Sebutkan 6 sanksi tersebut!
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
     a. Penilaian pendidikan.
     b. Ulangan harian.
     c. Ulangan akhir semester.
     d. Ulangan kenaikan kelas.
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7, sebutkan 5 (lima) prinsip profesionalitas guru!
6. a. Singkatan dari apakah DP3 itu?
    b. Bagi guru ada berapa dan sebutkan unsur/ komponen yang dinilai dalam DP3!
7. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) prinsip Kegiatan Belajar Mengajar!
8. Sebutkan kriteria penetapan KKM!
9. Apa yang dimaksud Pembelajaran Cooperative Learning (CL)? Berilah tiga tipe model CL!
10.Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) metode dalam melaksanakan proses pembelajaran!
KUNCI JAWABAN
1. Prinsip pengembangan Silabus:
a. Ilmiah
b. Relevan
c. Sistematis
d. Konsisten
e. Memadai
f. Aktual dan Kontekstual
g. Fleksibel
h. Menyeluruh
2. UU Guru dan Dosen pasal 20:Dalam melaksanakan tugasn keprofesionalan, guru berkewajiban:
    a. Merencanakan pembelajaran, melaksanakan prosess pembelajaran yang bermutu, serta menilai
       dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
    b. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan
        sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
   c. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku,
   ras,dan kondisi fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik
      dalam pembelajaran;
d. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum dan kode etik giri, serta nilai-nilai agama dan etika;
e. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Sanksi bila guru tidak menjalankan kewajiban sesuai pasal 20 UU No. 14 tahun 2005
a. Teguran;
b. Peringatan tertulis;
c. Penundaan pemberian hak guru;
d. Penundaan pangkat;
e. Pemberhentian dengan hormat; atau
f. Pemberhentian tidak dengan hormat.
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
a. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar siswa
b. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
c. Ulangan harian adalah Kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar.
d. Ulangan akhir semester adalah Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan semua KD.
e. Ulangan kenaikan kelas
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7,  prinsip profesionalitas guru!
   Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
   Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
   Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugas;
   Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
   Memiliki tanggung jawab atas pelaksanakan tugas keprofesionalan;
   Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
   Memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat,
   Memiliki jaminan perlindungan hkum dalm melaksanakan tugas keprofesionalan,
   Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan denga tugas keprofesionalan guru
6. a. DP3 = Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan
   b. Unsur/komponen yang dinilai
      1) esetiaan
      2) restasi kerja
      3) Tanggung jawab
      4) Ketaatan
      5) Kejujuran
      6) Kerja sama
      7) Prakarsa
8) Kepemimpinan (bagi KS)
7. Prinsip Kegiatan Belajar Mengajar:
   a. 1
   b. 2
   c. 3
   d. 4
   e. 5
   f. 6
   g. 7
8. Kriteria Penetapan KKM:
   1) Kompleksitas indikator (Kesulitan dan kerumitan)
   2) Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
   3) Intake siswa (masukan kemampuan siswa)
9. Pembelajaran Cooperative Learning adalah Model pembelajaran bersama-sama dalam satu kelompok dengan jumlah anggota antara tiga sampai lima orang. Para anggota bekerjasama dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan guru.
   Contoh tipe model CL:
   a. Role Playing (Sosiodrama)
   b. Problem Solving (Pemecahan Masalah)
   c. Diskusi kelompok
   d. Karya wisata
10.  Metode Pembelajaran
     a. Ceramah
     b. Tanya Jawab
     c. Demonstrasi
     d. Eksperimen
     e. Tugas dan Resitasif.     
     f. Sosiodrama
     g. Discovery dan Inkuiri, dll.



0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer