my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran

3.11.14

 

Perkembangan Dunia Pendidikan


Manusia selalu berusaha meningkatkan dan  mengembangkan kemampuannya dalam segala hal untuk menjalani kehidupannya.  Dalam usaha meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya itu, menusia melakukan interaksi dengan manusia lain dan lingkungannya. Salah satu proses interaksi dalam mengembangkan kemampuannya itu adalah dengan pendidikan. Dapat dikatakan manusia tidak dapat dipisahkan dari pendidikan, sebab manusia merupakan pelaku pendidikan sekaligus sasaran pendidikan.

Perkembangan itu pun termasuk pada teori belajar. Dari teori kontruktivisme, behavioralisme, hingga teori belajar kontemporer.yang terbaru dan sedang hangatnya di sosialisasikan pada kurikulum 2013 yaitu saintifik

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Dan dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, ikut mempengaruhi perkembangan proses pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Jika dulu guru-guru  di Indonesia hanya bermodal kapur tulis, maka sekarang tidak lagi. Papan tulis putih telah mendominasi ruang kelas-ruang kelas. Begitu pun teknologi sebagai sarana yang di gunakan guru. Jika dulu guru paling jauh hanya menggunakan karton dan OHP, maka saat ini banyak guru telah memanfaatkan Teknologi komunikasi dan informasi (TIK) khususnya komputer dan laptop sebagai sarana melaksanakan pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjang dengan banyaknya aplikasi komputer /laptop  yang dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Beberapa aplikasi komputer yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran antara lain Microsoft Power point, Corel draw, Microsoft excell, dan Geogebra. Dalam kesempatan ini saya akan menguraikan cara memanfaatkan Geogebra dalam pembelajaran matematika.

PROGRAM GEOGEBRA

lambang aplikasi geogebra
gambar 1. Lambang Program Geogebra
 Jika mendengar kata Geogebra, mungkin masyarakat awam akan sedikit bingung dan mengernyitkan dahi karena kata itu kurang familiar dengan mereka.yang terlintas mungkin geogebra berkaitan dengan geografi ataupun geologi.

GeoGebra adalah program komputer di bidang matematika yang menggabungkan konsep geometri, aljabar dan kalkulus. Nama GeoGebra merupakan kependekan dari geometry (geometri) dan algebra (aljabar). Walaupun namanya hanya merujuk pada geometri dan aljabar saja, namun program ini juga mendukung banyak topik matematika diluar keduanya. 

GeoGebra pertama kali dikembangkan Markus Hohenwarter pada tahun 2001. Menurutnya, GeoGebra merupakan porgram komputer untuk membelajarkan matematika. Program ini dapat dimanfaatkan secara bebas.dan dirilis sebagai perangkat lunak opensource sehingga dapat dimanfaatkan secara gratis dan bebas untuk dikembangkan.

Salah satu keunggulan program GeoGebra karena program ini bukanlah program berbayar yang harus dibeli. GeoGebra dapat diunduh secara gratis di laman situs www.geogebra.org. Selain itu program ini dapat dijalankan dalam bahasa Indonesia sehingga tidak akan menyuluitkan  guru dan siswa menjalankannya. Hal ini akan memudahkan siapapun untuk memiliki dan memanfatkannya secara maksimal. Sebagai program komputer, GeoGebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika di kelas, media untuk membuat bahan ajar matematika, dan alat untuk meyelesaikan soal matematika.

Banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa GeoGebra dapat meningkatkan proses penemuan dan eksperimen siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Visualisasi dan fitur-fitur pada GeoGebra memberikan kebebasan dalam mengeksplorasi materi pelajaran matematika
Beberapa manfaat program GeoGebra dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut.
  1. Memberikan visualisassi lebih jelas dalam mendemonstrasikan konsep matematika yang akan diajarkan dengan fasilitas animasi.
  2. Sebagai alat bantu bagi siswa dalam proses penemuan konsep dan elaborasi konsep matematika tersebut.

II. MENGGUNAKAN PROGRAM GEOGEBRA

 Tampilan Menu

Menu GeoGebra


gambar 2. Tampilan Menu GeoGebra
Seperti terlihat pada gambar diatas, ada enam bagian utama pada tampilan GeoGebra yaitu:
  1. Menu, yang terletak di bagian atas. Menu terdiri dari: Berkas, Ubah, Tampilan, Opsi, Peralatan, Jendela, dan Bantuan.
  2. ToolBar, yang terletak pada baris kedua, berisi icon-icon (simbol), yaitu: Pindah, Titik Baru, Garis Yang Melalui Dua Titik, Garis Tegak lurus, Poligon, Lingkaran dengan pusat melalui titik, Elips, Sudut, Refleksi Objek Pada Garis, Sisipkan Teks, Luncuran, Geser Pada Tampilan Grafik.
  3. Jendela Kiri, yang terdiri dari Obyek-obyek Bebas dan Obyek-obyek Terikat. Di jendela ini tempat ditampilkannya bentuk aljabar.
  4. Jendela tengah, yaitu tempat ditampilkannya grafik.
  5. Jendela Kanan, yaitu tempat ditampilkannya Spreadsheet (Tabel).
  6. Jendela Masukan (input), untuk memasukkan angka atau persamaan.
Pada pembahasan ini, penulis akan menunjukkan pemanfaatan GeoGebra sebagai Media pembelajaran matematika pada materi persamaan garis lurus.

GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Persamaan Garis Lurus


Pada materi persamaan garis luirus, guru akan mengajarkan persamaan garis dengan bentuk umum y = mx dan y = mx+c. Semakin besar nilai gradien m, maka garis akan sermakin tegak. Dalam GeoGebra materi di atas dapat di tunjukkan dengan cara sebagai berikut:

 Langkah 1

 Klik toolbar luncuran. Lalu klik  kursor pada bidang tampilan grafik. Akan muncul jendela luncuran. Lalu ketik m pada input nama, ubah parameter sesuai keinginan, lalu klik terapkan.
Tampilan GeoGebra Untuk Luncuran

gambar 3. Tampilan GeoGebra Untuk Luncuran
Maka akan tampil m=1 pada tampilan aljabar,  dan garis luncuran m=1 dengan rentang tertentu pada tampilan grafik. Seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Tampilan GeoGebra dengan luncuran  m

gambar 4. Tampilan GeoGebra dengan luncuran  m

 Langkah 2

Klik kembali toolbar luncuran seperti langkah 1. Lalu ketik c pada input nama, ubah parameter lain sesuai keinginan, lalu klik terapkan. Maka pada tambilan aljabar akan bertambah c =1, dan pada tampilan grafik muncul luncuran c =1 dengan rentang garis tertentu. Seperti terlihat pada gambar berikut ini:
Tampilan GeoGebra dengan luncuran (slider)

gambar 5. Tampilan GeoGebra dengan m=1 dan c=1

 Langkah 3

Ketik pada jendela masukan: y=mx+c, lalu klik enter. Maka garis dengan persamaan y=mx+c dengan m=1 dan c=1 akan tampil pada GeoGebra. Hasilnya terlihat seperi gambar berikut ini:
Tampilan GeoGebra untuk garis lurus dengan persamaan y=mx+c
gambar 6. Tampilan GeoGebra untuk garis dengan persamaan y=mx+c

 Langkah 4

Elaborasi terhadap persamaan garis y=mx+c ini dapat dilakukan dengan mengubah angka pada luncuran m ataupun c, dengan cara menggeser kekiri atau pun ke kanan.
Jika kita mengubah (dengan cara menggeser) luncuran m menjadi 3 maka akan diperoleh persamaan garis y = 3x+1 dengan tampilan GeoGebra sebagai berikut:
Tampilan perubahan garis lurus pada GeoGebra jika luncuran m diubah
gambar 7. Tampilan perubahan garis lurus pada GeoGebra jika luncuran m diubah

 Langkah 5


Demikian juga jika kita mengubah luncuran c (dengan cara menggeser c) menjadi angka -1 (negatif satu) maka akan diperoleh garis dengan pesamaan y=3x-1, dengan tampilan GeoGebra seperti gambar berikut ini:
Tampilan perubahan garis lurus pada GeoGebra jika luncuran c diubah
gambar 8. Tampilan perubahan garis lurus pada GeoGebra jika luncuran c diubah
Garis pada GeoGebra pun secara otomatis akan berubah, menyesuaikan perubahan luncuran menjadi c = -1. Begitupun persamaan garis pada tampilan aljabar ikut menyesuaikan, berubah menjadi y=3x-1. Untuk mendalami sifat persamaan garis lurus, maka kita dapat melakukan perubahan-perubahan pada nilai m dan c. Pada Geogebra hal itu dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan GeoGebra memungkinkan kita mengubah nilai m dan c  secara otomatis sehingga garis akan berubah dalam bentuk animasi dengan cara:
  1. Klik kanan pada luncuran yang telah dibuat.
  2. Kemudian centang pada menu animasi hidup.
Menampilkan animasi pada GeoGebra
gambar 9. Menampilkan animasi pada GeoGebra
Maka GeoGebra akan menampilkan sebuah animasi garis lurus dengan perubahan nilai m dan c secara otomatis, diikuti perubahan persamaan garis tersebut.
Jika kita mengelaborasi perubahan nilai m dan c di atas secara konvensional di papan tulis, biasanya akan cenderung memerlukan waktu yang lama. Sehingga sering guru mengeluhkan kurangnya waktu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan penggunaan Program GeoGebra, kendala tersebut dapat diatasi.

Untuk pemahaman lebih mendalam, penjelasan secara audio visual dapat dilihat pada video streaming yang saya unggah di situs youtube berikut ini


 

Keunggulan Program GeoGebra

Beberapa keunggulan program Geogebra dalam eksplorai persamaan garis lurus antara lain :
  1. Dapat menghasilkan gambar garis dengan cepat dan teliti, dibandingkan menggambar dengan spidol, penggaris dan jangka di papan tulis.
  2. Adanya animasi dan manipulasi memberikan pengalaman visual lebih detil kepada siswa.
  3. Adanya animasi juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika.
  4. Dapat digunakan untuk mengevaluasi gambar yang dibuat siswa di buku.
  5. Mempermudah siswa mengelaborasi konsep persamaan garis lurus.

Namun dalam dalam pembelajaran matematika menggunakan program GeoGebra, guru harus memperhatikan hal-hal berikkut :
  1. Memperhatikan lama waktu siswa melihat komputer agar tidak mempengaruhi kesehatan mata siswa.
  2. Untuk mengatasi kekurangan komputer pada sekolah, penulis menyarankan agar siswa melakukan kegiatan dalam kelompok.

 Kesimpulan

Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ikut mempengaruhi pendidikan di Indonesia. Hal ini menunjukkan pentingnya guru untuk ikut mengusai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) itu. secara tidak langsung, itu berarti Pelajaran teknologi informasi dan komunikasi sangat penting dan vital bagi guru dan siswa. Dengan menguasai TIK, baik guru maupun siswa, akan meningkatkan interaksi dalam pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan dapat menghasilkan siswa yang berilmu dan dan menguasai teknologi.



0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer