my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Kisi-kisi Ujian Nasional 2015

8.11.14

Kisi-kisi UN Matematika

Ujian nasional kembali akan dilaksanakan pada tahun 2015. walaupun banyak yang mengusulkan kepada pemerintah untuk menghapus ujian nasional.

berikut ini kisi-kisi ujian nasional untuk tingkap sekolah menengah pertama (SMP), untuk matapelajaran Matematika.

A. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

  1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
  5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

B. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

  1. Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
  5. Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

C. Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

  1. Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
  5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris istimewa pada segitiga.
  7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

D. Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.


  1. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

 

E. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.


  1. Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

 

F. Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

  1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

Sumber: peraturan badan standar nasional pendidikan (BSNP) nomor : 0027/P/BSNP/IX/2014 tentang kisi-kisi ujian nasional untuk satuan pendidikan dasar danmenengah Tahun Pelajaran 2014-2015

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer