my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Guru Mulia Karena Karya

8.12.15
Berikut uraian yang sempat penulis catat dari pidato Menteri pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan dalam simposium guru 2015.

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan


1. Yang bisa membuat begitu banyak kemajuan di indonesia adalah guru. Kita ingin menunjukkan bahwa di sekolah kita ada cendekiawan pendidik yg karyanya boleh dibanggakan di seluruh indonesia.

2. Sebagai pendidik tugas kita yang pertama dan utama adalah belajar. Tunjukkan Bahwa guru pun belajar. Dan sambil guru belajar menghasilkan karya, lalu muncullah inovasi yg mencerahkan anak didik.

3. Hari guru bukan semata berupacara hari guru. Tetapi untuk mengingatkan bahwa guru harus mampu berkarya. Kita tunjukkan Di indonesia masih banyak guru yang berkarya. 

4. Ada ratusan guru yg presentasi. Ada puluhan guru yg terobosannya akan bisa di bawa ke seluruh negeri. 

5. Simposiun adalah kesempatan kita sesama pendidik untuk saling belajar untuk berbagi dan belajar, menyerap, bertukar pikiran, mununjukkan praktek yg selama ini dilakukan di sekolah.

6. Simposium bukan yang terakhir. Ini yg pertama Simposium akan dilakukan di banyak tempat. Secara nasional akan rutin dilakukan. Apapun yg pertama, ada kekurangan di sana sini. Ini adalah rangka belajar kita. 

7. Guru kita bisa berada di mana saja, tapi inspirasi yg dihasilkan lewat karyanya akan menyebar keseluruh negeri. 

8. Guru yang baik guru yg menginspsirasi. Pernah kita alami, mengapa guru di ingat oleh gurunya. Biasanya guru yg diingat gurunya adalah guru yg menyenangkan dan menginspirasi. 

9. Simposium adalah bagian yang membuat kita menginspirasi dan menggerakkan. Guru yang pembelajar akan terus memperbaiki diri kita.

10. Guru menghadapi situasi situasi yg unik. Di tahun 2015 adalah awal abad 21. Tapi kita guru, adalah orang orang abad 20, sekolah kita adalah sekolah model abad 19. Yang harus kita pastikan kita adalah kita menyiapkan anak-anak kita bukan untuk masa lalu tapi untuk masa depan mereka sendiri.

11. Simposium adalah hulu untuk menghasilkan karya berdasarkan pengalaman guru. Hilir dari simposium guru ada di ribuan ruang kelas seluruh indonesia. Praktik terbaik yang kita peroleh disini mari kita bawa dan sebarkan. Sesuaikan dengan daerah masing-masing.

12. Mari sebarkan dalam KKG, MGMP, Asosiasi mata pelajaran. Maka yang diuntungkan adalah anak-anak kita dan bangsa Indonesia.

13. Saya membayangkan bapak guru adalah penyala,  ada rumah-rumah cerdas, desa-desa cerdas, kampung cerdas, karena disana ada guru yang menginspirasi.

14.

simposium guru tahun 2015
simposium guru tahun 2015

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer