my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Indikator Kemaampuan Kognitif Matematika

18.12.15
Menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), ada lima standar kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah (problem solving), kemampuan komunikasi (communication), kemampuan koneksi (connection), kemampuan penalaran (reasoning), dan kemampuan representasi (representation).
Indikator Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematik
Koneksi Matematik berdasarkan NCTM(2000) terbagi ke dalam aspek-aspek kelompok koneksi, yaitu:
1.    Aspek koneksi  antar konsep dan topic matematika
2.    Aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain
3.    Aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata

Aspek koneksi  antar topic matematika
Indikator
 Diberikan sebuah persegi yang dibagi menjadi 6 buah persegi panjang, siswa dapat:
a.    Menentukan panjang sisi persegi dalam bentuk persamaan matematika
b.    Menentukan luas persegi

Aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain
Indikator
Diberikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan antara penerapan konsep keliliing persegi dengan panjang dan waktu, siswa dapat:
a.    Menentukan keliling persegi panjang
b.    Menentukan kecepatan

Aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata

Indikator
Diberikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkenaan dengan penerapan konsep luas segi empat yaitu tentang perbandingan, siswa dapat
a.    Menentukan ukuran sisi-sisi pada gambar
b.    Menentukan ukuran sisi-sisi pada gambar
c.    Menentukan luas sebenarnya

Indikator Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematika

Soal kemampuan komunikasi yang akan dibuat merujuk pada indikator kemampuan komunikasi matematis dari NCTM 2011 :
1.    Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta mengambarkannya secara visual.
2.    Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan, maupun dalam bentuk visual lainnya.
3.    Kemampuan dalam mengunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan stuktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, mengambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi.

0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer