Menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), ada lima standar kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah (problem solving), kemampuan komunikasi (communication), kemampuan koneksi (connection), kemampuan penalaran (reasoning), dan kemampuan representasi (representation).
Indikator Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematik
Koneksi Matematik berdasarkan NCTM(2000) terbagi ke dalam aspek-aspek kelompok koneksi, yaitu:
1. Aspek koneksi antar konsep dan topic matematika
2. Aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain
3. Aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata
Aspek koneksi antar topic matematika
Indikator
Diberikan sebuah persegi yang dibagi menjadi 6 buah persegi panjang, siswa dapat:
a. Menentukan panjang sisi persegi dalam bentuk persamaan matematika
b. Menentukan luas persegi
Aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain
Indikator
Diberikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan antara penerapan konsep keliliing persegi dengan panjang dan waktu, siswa dapat:
a. Menentukan keliling persegi panjang
b. Menentukan kecepatan
Aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata
Indikator
Diberikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkenaan dengan penerapan konsep luas segi empat yaitu tentang perbandingan, siswa dapat
a. Menentukan ukuran sisi-sisi pada gambar
b. Menentukan ukuran sisi-sisi pada gambar
c. Menentukan luas sebenarnya
Indikator Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematika
Soal kemampuan komunikasi yang akan dibuat merujuk pada indikator kemampuan komunikasi matematis dari NCTM 2011 :
1. Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta mengambarkannya secara visual.
2. Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan, maupun dalam bentuk visual lainnya.
3. Kemampuan dalam mengunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan stuktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, mengambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi.
0 comments:
Posting Komentar