my style

my style
Ramlan Effendi. SMPN 2 Lahat
Breaking News
Loading...

Nabung Online? di M-Syariah Aja

5.4.23

 

Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Setiap tahun, perusahaan teknologi selalu peningkatkan peneilitiannya tentang produk teknologi informasi dan komunikasi. Terutama dalam menyediakan produk yang memanfaatkan teknologi informasi untuk kehidupan sehari-hari.   Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap kehidupan. Terutama karena perkembangan teknologi senantiasa sejalan dengan efisiensi dan efektifitas kinerja baik secara individu ataupun kelompok.

Photo by Rodion Kutsaiev on Unsplash

Misalnya dalam kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan E-learning dalam bentuk  pembelajaran daring, LMS dan aplikasi pembeajaran. Penerapan TIK Dalam pemerintahan misalnya  dengan E-Government dalam bentuk pelayanan online dan pembayaran pajak online. Penerapan TIK dalam perekonomian dengan E-commerce dalam bentuk jual beli secara online. Penerapan TIK dalam bidang kesehatan dikenal dengan E health misalnya dengan konsultasi kesehatan online. Selanjutnya penerapan TIK di bidang perbankan dikenal dengan E-banking dimana sektor perbankan memberikan layanan keuangan kepada nasabahnya secara online, tanpa harus hadir langsung secara fisik.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Ketika anda tertarik dan mencoba membuka tabungan, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan anda, yaitu:

M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah yang memberikan sangat banyak kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan ataupun  non perbankan. Kemudahan yang paling tampak adalah fasilitas untuk membuka rekening online tanpa harus repot datang ke kantor cabang. Fitur tambahan lainnya adalah layanan transfer antar bank secara online, layanan BI Fast, fitur pembelian dan pembayaran tagihan, top up e-wallet, hingga fitur lain yang mendukung aktivitas ibadah kita. 

Tingkat suku bunga yang tinggi. Bank akan memberikan persentase bunga kepada nasabah sesuai dengan jumlah tabungan yang dimilikinya. Hampir semua bank digital memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank fisik.

b.  Baya administrasi dan biaya bulanan yang rendahBanyak bank yang membebankan biaya pemeliharaan rekening bulanan jika saldo tabungan di bawah ambang minimum. Hal ini kadang akan menghabiskan subu bunga yang diperoleh nasabah.

c.  Kemudahan mengakses tabugan. Terkadang keadaan mendesak membuat seseorang memerlukan biaya yang besar. Saat-saat seeprti itu penting bagi nasabah untuk dapat mengakses tabungan dengan cepat dan fleksibel.

Keutamaan-keutamaan seperti diatas dimiliki oleh tabungan digital, yang memanfaatkan teknologi informasi adalah tabungan online. Tabungan online adalah produk digital dari suatu bank digital  yang dapat diakses melalui website, aplikasi atau pun melalui telepon. Diantara sekian banyak bank digital yang ada di Indonesia, penulis merekomendasikan Bank Mega Syariah yang menyediakan fasilitas produk perbankan digital berupa tabungan M-Syariah.

Beberapa keunggulan M-syariah adalah:

1. Prinsip Syariah. Bagi setiap muslim, sangat penting untuk menjalani kehidupan ini sesuai dengan ketentuan syariah. Menabung di M-syariah akan lebih berkah karena perbankan ini dikelola sesuai syariah Islam, sehingga nasabah akan terhindar dari hal yang syubhat atau bunga bank yang masih meragukan. Selain itu terdapat fitur donasi dan amal seperti pembayaran zakat, infak, shodaqoh, wakaf hingga donasi.

2.   2. Bebas biaya bulananDi manapun seseorang menabung, besaran besaran  biaya adminstrasi selalu berbeda sesuai dengan kebijakan bank masig-masing. Namun menabung di M-syariah tidak ada biaya bulanan. Hal ini menjadi keunggula yang layak dipertimbangkan bagi anda yang ingin menabung di bank digital. Tidak adanyabiaya bulanan di M-syariah dimungkinkan karena tabungan digital ini tidak memiliki biaya pemeliharaan, dan tidak ada saldo minimum untuk mempertahankan akun. Sedangkan biaya administrasi di bank fisik ataupun bank digital lainnya bisa berkisal dari Rp.7.500,- sampai dengan Rp.15.000,-.  

3. 3. Kemudahan transaksi online. Terkadang untuk datang langsung ke bank, kita harus menyediakan waktu khusus, terkadang dengan jarak yang cukup jauh dari rumah atau tempat kerja.  Sebagai produk bank digital, M-Syariah memfasilitasi semua transaksi dapat dilakukan tanpa harus antre dan datang langsung ke bank tersebut. Bayangkan jika tida datang pada waktu yang tidak bersahabat, yang membuat kita terjebak dalam antrean panjang. Apalagi jika kita berada dalam situasi yang sibuk harus menyelesaikan beberapa transaksi. Falisitas yang disediakan M-syariah membuat aktivitas kita akan lebih fleksibel dan sederhana. Tabungan online M-syariah memungkin kita untuk melewati proses antre. Kita dapat mendaftar, menyetor uang, melakukan transfer, dan mengatur transaksi keuangan lainnya dengan sangat nyaman dari rumah atau dari ruang kerja kita.

4.  4. Situs web dan aplikasi tabungan M-syariah sangat sederhana sehingga mudah diakses dan digunakan. Saat membuka aplikasi M-syariah di ponsel kita akan langsung menemui tampilan menu yang sederhana dan tidak ribet. Fitur dari aplikasi M-syariah membuat semuanya menjadi lebih mudah. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk lebih fleksibel dan efisien dalam mengelola keuangannya.

5.  5. Bagi hasil yang manarik. Jika perbankan biasa menyediakan bunga sebagai imbalan kepada nasabah. Maka bank M-syariah menyediakan bagi hasil kepada nasabahnya. Terdapat nisbah sesuai akad mudharabah yang telah disepakati bersama sesuai ketentuan.

6. 6. Diskon dan Promo. Nasabah berkesempatan untuk mendapat keuntungan dari diskon dan promo hingga 5 % serta diskon hingga 10% untuk transaksi  dari merchant yang telah memiliki kesepatakan kerja sama dengan M-syariah.

7. 7. Layanan khusus seperti SMS notifikasi, bill payment untuk pembayaran listrik, PDAM dan pembelian pulsa. Dari uraian diatas dapat disimpulkan  bahwa memiliki produk perbankan digital sangat bermanfaat. Manfaat yang lebih baik disedikan oleh M-Syariah.

Secara khusus fitur utama M-Syariah antara lain:
  1. Pembukaan rekening tabungan secara online, tanpa perlu melakukan video call maupun datang ke kantor cabang.
  2. Pembukaan rekening cukup dengan mengisi data, mengambil foto KTP, dan melakukan swafoto (selfie) di aplikasi M-Syariah.
  3. Pengiriman kartu ATM akan diantar langsung ke alamat Anda.
  4. Pemindahbukuan atau transfer antar bank secara online.
  5. Anda bisa melakukan transfer ke bank lain dengan biaya admin yang lebih murah, menggunakan layanan BI Fast Fitur pembelian dan pembayaran tagihan.
  6. Top up e-wallet (GoPay, OVO, dan DANA).
  7. Fitur Donasi dan Amal (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf, Donasi, dan Qurban).
  8. Fitur Berkah Islami (informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel Islami) yang mendukung ibadah Anda.

JIka anda tertarik atau ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap anda dapat mengunjungi situs https://www.megasyariah.co.id/id/digital-banking/m-syariah

 atau menyaksikan panduan berikut ini. 


0 comments:

Posting Komentar

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog

Ramlan Effendi Belajar Ngeblog
QRCode
 
Toggle Footer